5 Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan untuk Konstruksi

Sebelum merencanakan pembangunan suatu bangunan seperti rumah, plafon, ruko dan lain sebagainya anda dapat mengetahui terlebih dahulu bahan bangunan yang akan Anda butuhkan. Tidak hanya bahan alami tetapi juga bahan dari pabrik digunakan untuk konstruksi bangunan. Pada saat melakukan pembangunan kita membutuhkan kedua bahan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan tersebut juga tersedia di toko material atau toko pembangunan terdekat. Namun ada 5 jenis bahan yang paling sering digunakan pada saat melakukan pembangunan. 5 bahan tersebut adalah:

1. Batu Bata

Dengan kemajuan teknologi, penggunaan batu bata sebagai bahan bangunan untuk dinding mulai berkurang. Popularitasnya telah digantikan oleh plester dan bambu. Bambu dan plester sebagai bahan bangunan untuk dinding relatif lebih murah dibandingkan batu bata. Namun demikian, batu bata masih merupakan bahan bangunan yang paling umum digunakan, terutama karena ketangguhannya dan harga yang sangat terjangkau.

Read More

 2. Lumpur dan tanah liat

Penggunaan lumpur dan tanah liat, sangat tergantung pada bangunan yang diinginkan. Ini juga tergantung dengan kualitas tanah yang digunakan. Campuran lumpur pada pasir dapat melemahkan kekuatan bangunan. Oleh sebab itu disarankan untuk mencampur dengan bahan bangunan lain seperti beton untuk meninggalkan rongga yang dapat menyebabkan bangunan. Di sisi lain, tanah liat adalah bahan bangunan yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan suhu di dalam ruangan. Karena itu, rumah terasa sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Lumpur dan tanah liat menahan panas dan melepaskannya dari waktu ke waktu. Jangan sampai penghuni rumah merasakan perubahan suhu yang tiba-tiba.

3. Batu

Batu adalah bahan bangunan yang paling umum untuk menemukan yang terbaik. Jenis batu yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan, tentu saja, berbeda untuk keperluan konstruksi. Walaupun batu ini berat dan keras akan tetapi menggunakan bahan batu dapat memberikan perlindungan menyeluruh pada abngunan. Namun demikian, batu itu juga sulit untuk memberikan suhu hangat tanpa pemanasan yang cukup.

 4. Jerami

Seperti batu, jerami adalah salah satu bahan bangunan tertua. Selain itu, rumput adalah bahan penyimpan panas yang baik dan mudah dipanen. Selain itu jerami merupakan bahan bangunan yang terkenal di sebagian besar budaya di seluruh dunia. Suku Afrika menggunakan jerami sebagai satu-satunya bahan bangunan untuk rumah mereka. Bahkan atap rumbia sering digunakan pada rumah-rumah di Eropa, namun di era industri atap ilalang pun sudah mulai ditinggalkan. Hari ini, jerami sekali lagi populer. Di Belanda, misalnya, atap jerami biasa ditemukan di gedung-gedung baru.

5. Kayu

 kayu termasuk bahan bangunan paling sering digunakan. Kayu ini terbuat dari pohon yang biasanya digunakan untuk membuat kabinet, papan, dan furnitur lain. Selain alami, kayu ini juga kuat apalagi diletakkan secara vertikal. Kayu juga memiliki nilai estetika sendiri sehingga banyak digunakan sebagai furnitur.

Tentu masih banyak bahan lain yang dibutuhkan pada saat membuat bangunan. Namun kelima bahan tersebut cukup sering digunakan. Terkadang juga kita membutuhkan untuk mengirim bahan bangunan dari luar, oleh sebab itu kamu bisa menggunakan jasa pengiriman besi dan baja Jakarta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.