Kesalahan Pakai AC yang Membuat Tagihan Listrik Melonjak!

  • Whatsapp

Saat ini, AC sudah menjadi bagian dari masyarakat. Hampir semua rumah, gedung bertingkat, perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga rumah ibadah menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan. Tentunya, jenis AC yang digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun gedung tidaklah sama. Sebab, gedung membutuhkan AC khusus seperti yang ada pada situs https://www.lg.com/id/business/vrf agar bisa menjangkau area yang luas. Sementara untuk pribadi, jangkauan area yang harus didinginkan cukup terbatas.

Read More

Memang penggunaan AC sangat bermanfaat terutama saat udara sedang paanas. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang salah dalam mengoperasikan AC di rumahnya sehingga membuat tagihan listrik pun melonjak. Untuk itu, agar hal ini tidak terjadi, jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan berikut:

1. Tidak menutup pintu ruangan

Pernah membuka lebar pintu ruangan padahal AC dalam keadaan menyala? Jika pernah, jangan mengulangi lagi kesalahan tersebut karena ketika pintu dibuka AC akan berusaha untuk menurunkan suhu di dalam ruangan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kompresor AC bekerja lebih ekstra dan listrik akan terus tersedot.

Hal ini juga berlaku jika tanpa sengaja membuka jendela ruangan namun AC masih dalam keadaan menyala. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk menutup pintu ataupun jendela ketika menyalakan AC karena dapat menyedot lebih banyak listrik.

2. Menyetel suhu terendah dengan kecepatan fan maksimum

Supaya lebih cepat dingin, kadang banyak orang yang menyetel suhu AC di bawah 22 derajat bahkan ada yang menyetelnya sampai 16 derajat. Bahkan, yang paling parah adalah menyetel fan AC sampai batas maksimal.

Tentu saja, melakukan kedua cara ini sangat tidak dianjurkan karena ketika menyetel AC sampai suhu terendah dengan kecepatan fan maksimum, maka kompresor pada AC akan bekerja terus menerus guna mencapai suhu yang diinginkan. Bukannya suhu ruangan dingin, AC malah lebih cepat rusak dan menyedot banyak listrik.

3. Buru-buru menyalakan AC ketika listrik mati atau tanpa sengaja mematikannya

Jika AC tiba-tiba mati karena listrik mati atau tidak sengaja mematikannya, maka jangan langsung terburu-buru menyalakannya. Tunggulah sekitar 5 – 10 menit baru kemudian dinyalakan kembali.

Hal ini karena menyalakan AC tanpa menunggunya terlebih dahulu malah dapat mengakibatkan listrik tersedot lebih banyak karena kompresor dan gas freon pada AC langsung bekerja. Tak hanya listrik, melakukan hal tersebut juga dapat memperpendek umur AC. Untuk itu, jangan langsung terburu-buru menyalakannya.

4. Mematikan AC ketika meninggalkan ruangan sebentar

Untuk menghemat pemakaian listrik, terkadang banyak yang mematikan AC padahal hanya meninggalkan ruangan sebentar. Melakukan cara ini tentu sangat tidak disarankan karena mematikan AC kemudian menyalakannya lagi malah lebih boros listrik dan tidak bagus untuk mesin AC.

Biarkan saja AC tetap menyala dan jangan mematikannya saat meninggalkan ruangan sebentar supaya tidak menyedot banyak listrik dan membuat mesin AC cepat rusak. Namun, jika berencana meninggalkan ruangsan terlalu lama maka ada baiknya mematikan alat pendingin ruangan ini.

Itu dia beberapa kesalahan menggunakan AC yang dapat membuat tagihan listrik melonjak. So, jika tidak mau mengalaminya, jangan melakukan kesalahan di atas, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *